Kamis, 10 Januari 2013

TIDAK ADA YANG PASTI



 Hidup penuh dengan ketidakpastian.Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi berikutnya.Suatu ketika di Singapura,saya diminta melakukan pendarasan untuk ibu salah satu murid saya.”Bisakah Anda datang mendaraskan paritta untuk ibu saya ? Ia baru pulang dari rumah sakit dan kami piker ini mungkin terakhir kalinya ibu akan pulang.Jadi bisakah Anda datang ?

Maka saya pergi mendaras paritta untuk nyonya yang sudah saya kenal lama ini.Setelah pendarasan ,rupanya ia bisa bangkit dari tempat tidur dan mulai berjalan ke sana – sini.Apakah ini mujizat ? Bukan.Ini hanyalah ketidakpastian.
Saya bahkan mendapat masalah karena melakukan hal ini,ketika bertahun-tahun yang lalu di Pearth ada keluarga yang meminta saya mendaras paritta untuk ayah mereka.Saya pergi ke rumah sakit itu dan mendaras untuk sang ayah,lalu ia berangsur- angsur membaik.Keluarganya jadi kesal dengan saya.Mereka bilang,”Lihat,ia seharusnya meninggal,pendarasan Anda itu agar ia mati dengan tenang,bukannya bertambah membaik.Sebab mereka sudah menyiapkan diri menghadapi peristiwa kematian,sudah mengatur segalanya dengan rapi,baik secara psikologis maupun emosional,lalu Bhiksu bodoh datang,melakukan pendarasan,dan mengubah segalanya.

Itulah ketidakpastian.Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi.Terkadang hidup begitu mengejutkan,karena Anda tidak bisa menebak apa pun.

Ada seorang nyonya tua yang saya temui di Rumah Sakit Charlie Gadner.Ia masuk Unit Perawatan Intensif karena kasus flu yang sangat berat.Kondisinya sudah parah,dibaluri segala obat antiseptic,badannya membengkak,dan nafasnya tinggal satu-satu.Saya mendaras paritta untuk nyonya ini.Dari roman wajah dan kondisinya,tampaknya ia akan segera meninggal.Perawat pun mengatakan bahwa nyonya ini hanya bisa hidup beberapa bulan lagi.Beberapa minggu kemudian,saya mendapat telepon dari suaminya ,yang mengundang saya ke rumahnya ,nyonya itu rupanya sembuh total.

Nah,tolong jangan pikir bahwa ini adalah mujizat,dan jangan membuat isu Ajahn yang mampu membereskan segala hal dengan slogan”Mujizat yang lain !” Semua ini tak lain adalah fakta bahwa segala sesuatu dalam hidup ini tidak ada yang pasti.Anda tidak tahu apa yang akan terjadi kemudian.

Itulah sebabnya ketika dokter memberitahu bahwa Anda hanya memiliki waktu satu atau dua bulan lagi untuk hidup,Anda sesungguhnya tak tahu apa yang terjadi.Saya sudah melihat banyak orang yang ketika dokter vonis,”Anda kena kanker,Anda tidak akan bertahan hidup.”malah bertahan hidup.Salah satunya adalah Ajahn Thate.Beliau mengidap kanker dan mendapat perawatan yang paling bagus, namun pihak rumah sakit memberitahu Beliau ,”kami tak sanggup berbuat apa-apa lagi untuk kesembuhan Anda.Pulang lah ke vihara Anda.Setidaknya Anda bisa meninggal bersama sahabat Anda daripada di rumah sakit.” Jadi ia pulang dari rumah sakit dan baru meninggal  25 tahun kemudian.

Saya tahu banyak sekali fakta seperti itu.Terkadang Anda bertanya-tanya ,apakah ini mujizat atau kenyataan bahwa tak seorangpun tahu apa yang akan terjadi pada masa depan ? Segalanya benar-benar tidak pasti.Ketika Anda memahami hal ini ,melihat aneka kasus yang terjadi ,apa maknanya itu bagi hidup Anda ?

Itu berarti bahwa segala rencana hidup Anda hanyalah rencana sementara belaka,dan adalah suatu kesalahan jika kita berusaha menebak masa depan.Kita membuat rencana,tetapi melupakan bertapa tidak pastinya hidup ini,lalu kaget ketika kenyataan hidup tidak sesuai dengan rencana kita.

Ini seperti kisah orang yang mengalami masa-masa keemasan ekonomi  di Amerika Serikat pada tahun 1920-an.Ia mendapat cukup banyak uang dan berhasil mencairkannya sebelum tahun kelesuan ekonomi.Sebagai seorang jutawan ia berpikir,”Mengapa aku harus hidup di Amerika ?” Adakah tempat lain di dunia tempat aku bisa hidup,yang cuacanya lebih baik,lebih aman,dan lebih membahagiakan ?”

Maka ia pergi ke perpustakaan setempat dan mencari di buku-buku.Dengan mengerahkan kecerdasannya,ia berusaha mencari tempat yang sempurna di mana ia bisa pension dan menikmati sisa hidupnya dengan kekayaan yang melimpah.Ia bisa pergi kemana saja yang ia hendaki dengan uang yang begitu banyak.Lalu,ia memutuskan untuk pergi ke sebuah pulau tropis dengan iklim yang sempurna bernama Guadalcanal.

Bagi yang tahu soal sejarah,Anda tahu bahwa pulau Guadalcanal terkenal sebagai lokasi dua pertempuran utama dalam Perang Dunia kedua.Yang pertama ketika pulau itu direbut oleh pasukan kekaisaran Jepang,dan kemudian direbut Amerika.Terjadi dua pertempuran dahsyat di sana.

Jadi ada pria yang menimbun kekayaannya dan berkata,” Aku akan pensiun ke Guadalcanal !” Ia berpikir ia akan damai di sana selama-lamanya.Lihat apa yang terjadi,ia terlibat dalam dua pertempuran besar.Ia memang selamat dan bisa menuturkan kisah ini,akan tetapi itu bukanlah tempat aman ,sesuai yang diidam-idamkannya.


Di sadur dari buku “Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya 3





Tidak ada komentar: