Minggu, 30 Oktober 2011

Prinsip Dasar Ajaran BUDDHA




        Para Buddha pada dasarnya mempunyai tiga prinsip dasar ajaran, yaitu seperti yang tercantum di dalam Dhammapada 183 sebagai berikut.

Sabbapâpassa akaranam
Tidak melakukan segala bentuk kejahatan.

Kusalasupasampadâ
Senantiasa mengembangkan kebajikan.

Sacittapariyodapanam
Membersihkan batin atau pikiran.

Etam buddhâna sâsanam
Inilah ajaran para Buddha.


       Ajaran Sang Buddha memberikan bimbingan kepada kita untuk membebaskan batin dari kemelekatan kepada hal yang selalu berubah (anicca), yang menimbulkan ketidakpuasan (dukkha); karena semuanya itu tidak mempunyai inti yang kekal, tanpa kepemilikan (anatta).

       Usaha pembebasan ini dilakukan sesuai dengan kemampuan dan pengertian masing-masing individu.Jadi, ajaran Buddha bukan merupakan paksaan untuk dilaksanakan. Sang Buddha hanya penunjuk jalan pembebasan,sedangkan untuk mencapai tujuan itu tergantung pada upaya masing-masing. Bagi mereka yang tidak raguragu lagi dan dengan sema-ngat yang teguh melaksanakan petunjukNya itu, pasti akan lebih cepat sampai dibandingkan dengan mereka yang masih ragu-ragu dan kurang semangat.

        Adalah bijaksana bila sebagai umat Buddha, setelah terlahir sebagai manusia tidak tenggelam di dalam kepuasan sang 'aku'. Di dunia ini kita telah diberi warisan yang sangat berharga oleh para bijaksana. Sungguh bahagia bagi manusia yang bisa menerima ajaran Buddha yang telah dibabarkan di hadapan kita.Mengapa? Karena hadirnya seorang Buddha di alam kehidupan ini adalah sangat jarang. Di dalam Dhammapada 182 disebutkan demikian:

Kiccho manussapatilâbho
Sungguh sulit untuk dapat dilahirkan sebagai manusia.

Kiccho maccâna jîvitam
Sungguh sulit kehidupan sebagai manusia.

Kiccho saddhammasavanam
Sungguh sulit untuk dapat mendengarkan Ajaran Benar.

Kiccho buddhânamuppâdo
Sungguh sulit munculnya seorang Buddha.


        Jadi, manfaatkanlah kehidupan kita sebagai manusia sekarang ini untuk lebih giat lagi mempelajari Dhamma yang telah diajarkan oleh Sang Buddha. Ajaran Sang Buddha yang telah dibabarkan kepada manusia dan bahkan juga kepada para dewa, adalah demi keuntungan manusia dan para dewa itu sendiri guna mencapai Kebebasan Mutlak (Nibbâna).

( Dawai )

Tidak ada komentar: