Selasa, 17 Juli 2012

LABA-LABA & ULAT SUTERA




Saya pernah membaca sebuah artikel dari Wang Duan-zheng yang ditulis dengan sangat baik dan perumpamaannya sangat tepat, kisah tentang seekor laba-laba dan seekor ulat sutera.

Laba-laba berkata kepada ulat sutera: “Walau pun kita berdua sama-sama bisa mengeluarkan serat, namun seratku dapat membantuku membangun kerajaan dengan menebarkan jaring ke mana-mana, sedangkan kamu mengeluarkan serat untuk mengikat diri sendiri, setelah serat habis kamu pun mati. Ha! Seratku lebih bernilai dari seratmu.”

Ulat sutera menjawab: “Seratku dapat dijalin oleh manusia menjadi kain, membuat baik raja, pejabat mau pun warga biasa ada pakaian untuk dikenakan, saya mengorbankan diri sendiri untuk memberi manfaat kepada orang banyak. Sedangkan seratmu itu, walau bujur lintang sangat jelas, bentuknya juga indah, namun jaring seratmu itu hanya bisa menangkap serangga kecil. Demi mengenyangkan perut dan mempertahankan kehidupanmu, kamu rela membunuh makhluk berjiwa lainnya, serat yang mencelakai orang lain demi menguntungkan diri sendiri ini, di mana letak nilainya?”

Di antara ulat sutera dan laba-laba, satunya demi memberi manfaat kepada masyarakat terus mengeluarkan serat sampai mengorbankan diri sendiri, sedangkan satunya lagi demi mempertahankan kehidupan sendiri lalu mencelakai kehidupan lain, jika dibandingkan, mana yang lebih menyenangkan? Ketika laba-laba memburu makanan, rupanya sangat seram sekali, sedangkan ulat sutera sangat jinak dan menarik.

Dalam kehidupan manusia juga sama saja, jika sama-sama menjalani masa kehidupan, kenapa kita tidak mau mengorbankan kenikmatan diri untuk memberi manfaat kepada orang ramai?



蜘蛛與蠶

我看了王端正先生的一篇社論,寫得很好、舉例譬喻恰當,這是一隻蠶和蜘蛛的故事。

蜘蛛對蠶說:「你和我雖然都會吐絲,但是我的絲,幫我建立王國,縱橫天地之間,而你卻作繭自縛,絲盡而死。哈!我的絲有價值多了。」

蠶就回答:「我的絲能夠供給人們織布,上至皇帝百官大臣,下至平民百姓,都能有衣可穿,我是犧牲自己、利益社會人群。而你吐的絲,雖然經緯分明、形狀美麗,但是這些絲網只能捕捉蚊蠅小蟲。為了自己果腹求生,不惜捕殺他命,這些損人利己的絲,價值何在?」

蠶與蜘蛛兩者,一個是為社會人群之利益,不斷地吐絲而犧牲自己;另一個則是為了自己的生存而損害他人,兩者比較,哪一個可愛呢?蜘蛛捕食時是一副青面獠牙的模樣,而蠶卻是如此溫順可愛。

人生也是如此,同樣是過日子,何不犧牲享受,利益人群呢!

sumber : Tzuchi Indonesia

Tidak ada komentar: