Rabu, 21 Desember 2011

12.Membangun Fondasi Meditasi


        Saya katakan kepada anda, adalah sungguh mengasyikkan untuk mengamati dengan cermat bagaimana pikiran ini bekerja.Saya bahkan bisa saja menikmati membicarakan topic ini sepanjang hari penuh. Ketika anda mengetahui bagaimana pikiran bekerja, anda akan melihat proses jalannya pikiran dan bagaimana pikiran ini terus dibodohi oleh kekotoran bathin.— Saya melihat pikiran ini: cuma sebagai sebuah titik. Pelbagai suasana mental yang muncul adalah tamu-tamu yang datang mengunjungi titik ini. — Kadang-kadang tamu datang menyapa, terkadang ia datang berkunjung. Mereka datang ke ruang-tamu. Latihlah pikiran untuk mengawasi dan mengetahui mereka dengan mata-kewaspadaan yang jeli. Inilah cara anda menjaga bathin dan pikiran anda. Saat ada pengunjung yang mendekat, anda mesti menggebahnya pergi. Jikalau anda melarang mereka masuk, dimana mereka bisa duduk? Hanya ada satu tempat duduk, dan anda sedang mendudukinya.Habiskan waktu sepanjang hari pada satu titik itu.

        Inilah ke-awas-an (awareness) Sang Buddha yang kokoh tak tergoyahkan; yang selalu memantau dan melindungi pikiran.Anda duduk tepat di sini. [Bahkan sebenarnya] sejak momen terbentuknya janin anda di kandungan, setiap pengunjung yang pernah menyapa telah tiba di sini. Seberapapun sering mereka datang, mereka selalu datang pada titik yang sama ini, tepat di-sini. Mengenali mereka semua, ke-awas-an Sang Buddha duduk sendiri, mantap dan kokoh. – Segala macam pengunjung itu berkelana ke sini berusaha buat mempengaruhi,untuk meng-kondisikan dan menggoyah pikiran anda dengan beragam cara. Ketika mereka berhasil memikat pikiran kita hingga terperosok ke dalam topik-cerita (issues) mereka,maka bentuk-bentuk mental pun muncul. — Jadi, apapun yang ditawarkannya, seberapa menariknya pun, arah ceritanya mau kemanapun, pokoknya: lupakan saja — tidak apa-apa.Sekedar langsung ketahuilah siapa pengunjung yang baru tiba.Begitu mereka mampir, mereka bakal mendapati hanya ada satu kursi, dan selama anda mendudukinya, tidak ada tempat untuk mereka singgah. — Dalam kedatangannya mereka bermaksud untuk mengisi telinga anda dengan gossip, tetapi kali ini tidak ada ruang tempat mereka duduk. Di kedatangan yang berikutnya pun juga tidak ada kursi kosong. Tak peduli berapa kali tamu-tamu cerewet ini menunjukkan diri, mereka selalu bertemu dengan orang yang sama sedang duduk pada tempat yang sama.Anda tidak bergeser dari tempat duduk itu.Coba anda pikir, berapa lama mereka akan bisa tahan pada situasi seperti itu? Anda dapat mengenal mereka dengan teliti sekedar dari perbincangannya. Setiap orang atau apapun yang pernah anda kenal sejak anda mulai mengalami dunia ini, bakal datang berkunjung. Dengan mengamati dan menjadi sadar tepat di-sini ini cukup untuk melihat seluruh Dhamma secara utuh. Anda berdiskusi, mengamati dan merenungi sendiri.

        Inilah cara bertanya jawab tentang Dhamma. Saya tidak tahu cara mengatakan hal yang lain. Saya bisa ngomong terus dengan gaya seperti ini, tetapi pada akhirnya bukanlah apa-apa selain berbicara dan mendengarkan. Saya menganjurkan anda untuk melangkah langsung dan melakukan praktik.

       Setelah melihat diri anda sendiri, anda akan menghadapi pengalaman-pangalaman tertentu. Ini adalah Jalan yang menuntun anda serta menunjukkan arahnya. Dengan anda jalan terus, situasi berubah dan anda harus menyesuaikan cara anda dalam meredakan persoalan-persoalan yang timbul. Ini bisa cukup lama sebelum anda melihat petunjuk yang jelas.Kalau anda akan berjalan di Jalan yang sama seperti yang saya tempuh, yang pasti perjalanannya harus bertempat di dalam bathin anda sendiri. Jika tidak, anda akan mengalami banyak hambatan. Seperti halnya mendengarkan suara. Mendengarkan adalah suatu hal dan suara adalah hal yang lain, dan kita dengan sadar menyadari keduanya tanpa mencampur aduknya. Kita serahkan kepada alam yang menyediakan bahan mentah bagi pencarian kita dalam penyelidikan akan Kebenaran. Akhirnya nanti pikiran ini bisa memilah-milah dan membagi-bagi setiap fenomena dengan sendirinya. Sederhananya: pikiran ini tidak ikut terlibat. Saat telinga mendengarkan suara, amati apa yang terjadi pada bathin dan pikiran. Apakah mereka terikat, terperangkap,dan terseret olehnya? Apakah mereka jadi jengkel? Setidaknya anda mengetahui ini. — Ketika bunyi terdengar,ia tidak mengganggu pikiran. Di sini kita lebih mengamati hal yang dekat daripada yang jauh-jauh.

        Walaupun kita ingin lari dari suara, tidak ada tempat untuk menghindar. Satu-satunya cara membebaskan diri yang mungkin adalah dengan melatih pikiran ini untuk tidak terbawa oleh alunan suara. Letakkan suara. Suara yang kita biarkan berlalu masih dapat didengar.Kita mendengar tetapi memperbolehkannya pergi, karena kita telah meletakkannya. Bukan berarti kita harus paksa memisahkan antara pendengaran dan suara. Ia akan berpisah dengan sendirinya oleh peletakan dan pelepasan. Bahkan, suatu saat nanti kendati kita ingin melekat pada suara itu, pikiran tidak mau melekat. Karena saat itu kita telah memahami kebenaran, hakekat-sejati (true nature) dari pemandangan, suara,bebauan, rasa kecapan, semuanya — dan bathin ini melihat dengan pengetahuan (insight) yang jernih bahwa apapun yang diinderai tanpa kecuali masuk ke dalam kawasan sifat-sifat universal: ketidak-kekalan, tiada memuaskan, dan tanpa-diri.

        Kapanpun kita mendengar, suara dimengerti dalam bagian sifat-sifat yang universal itu.Saat ada kontak dengan telinga, kita mendengar tetapi seolah-olah kita tidak mendengar. Ini bukan berarti pikiran ini tidak lagi berfungsi. Kesadaran penuh(mindfulness) berhubungan dan bersama-sama dengan pikiran saling memantau satu sama lain tiap saat tanpa henti. Ketika pikiran telah terlatih sampai tingkatan ini, anda memilih berjalan di jalan apapun, anda akan tetap melakukan penelitian.Kita menumbuhkan analisis terhadap fenomena, merupakan suatu faktor yang esential bagi pencerahan — dan analisis ini akan terus berputar dengan momentumnya sendiri.

      Berdiskusilah Dhamma dengan diri anda sendiri. Ungkaplah dan lepaskan perasaan, ingatan, persepsi, pemikiran,kehendak, dan kesadaran. Takkan ada yang dapat menyentuh mereka selama mereka menjalankan fungsinya masing-masing.Bagi orang yang telah menguasai pikirannya, keberlangsungan bercermin ke dalam (reflection) dan penyelidikan ini akan mengalir dengan sendirinya. Tidak perlu mengarahkannya lagi. Kemanapun pikiran ini mengarah, kontemplasi langsung jalan menyesuaikan.

       Bila praktik Dhamma mencapai tahap ini, terdapat keuntungan lain yang menarik, yakni kala tidur: yang mendengkur,mengingau dalam tidur, gertakan gigi (kerot), dan berguling-guling ke sana kemari – semuanya berhenti. Bahkan meski kita nyenyak tidur, namun begitu kita bangun, kita tidak ngantuk lagi. Kita bakal segar bersemangat seolah telah terjaga sepanjang masa. — Dulu saya suka ngorok, tetapi begitu pikiran sadar setiap waktu, dengkuran pun berhenti. Bagaimana seseorang bisa mendengkur saat ia terjaga?Hanya tubuh saja yang berhenti dan beristirahat. Pikiran ini terjaga lebar-lebar, sepanjang siang dan malam, setiap waktu. — Ini adalah kemurnian kesadaran Buddha yang bangkit: Ia Yang Mengetahui (the One Who Knows), Yang Bangun Terjaga (the Awakened One), Yang Bergembira (the Joyous One), dan Yang Terang-Benderang (the Brilliantly Radiant One). Kesadaran (awareness) yang jernih ini tidak pernah tidur. Tenaganya lestari dengan sendirinya, dan kesadaran ini tak pernah lesu ataupun ngantuk.

       Pada tahap ini kita mampu berjalan dua atau tiga hari tanpa istirahat. Ketika tubuh menunjukkan tanda-tanda kelelahan, kita duduk bermeditasi dan serta merta memasuki samadhi mendalam untuk lima atau sepuluh menit. Keluar dari keadaan itu, kita merasa segar dan bersemangat seolah kita habis tidur sepanjang malam. Apabila kita sudah melampaui kerisauan akan tubuh ini, tidur tidaklah begitu penting. Kita rawat tubuh ini selayaknya, tetapi tak terlalu mengkhawatirkan kondisi fisik kita. Biarkan ia mengikuti hukum alami-nya. Kita tak perlu memberitahu tubuh ini apa yang harus dilakukan. Ia tahu dengan sendirinya. Seperti diri kita yang dijaga seseorang,ia menyuruh kita untuk berjuang dengan usaha kita sendiri.Walaupun kita merasa malas, terdapat suara dari dalam yang terus membangkitkan ketekunan kita. Mandeg pada titik ini adalah mustahil, karena daya-upaya telah berpadu melaju dalam momentum yang tak terbendung lagi. Saksikanlah sendiri.— Anda sudah belajar dan studi [teori] cukup lama. Sekarang saatnya anda studi dan mempelajari: diri anda sendiri.

       Pada tahap awal praktik, pengasingan diri sangatlah perlu.Ketika anda tinggal sendiri dalam isolasi, anda akan ingat kata-kata dari Yang Mulia Sariputta: “Pengasingan fisik merupakan sebab dan kondisi yang menimbulkan pengasingan mental, tahap samadhi yang mendalam bebas dari kontak indria eksternal.Pengasingan pikiran ini menjadi sebab dan kondisi untuk pengasingan dari kekotoran bathin, yakni: pencerahan.”— Tetapi masih ada juga orang yang mengatakan bahwa pengasingan tidak penting; mereka bilang: “ Bila bathin damai,tak masalah di manapun anda berada.” Ya memang ini benar,tetapi pada tahap awal kita musti ingat bahwa pertama-tama diperlukan pengasingan fisik di tempat yang sesuai.

      Sekarang juga, segera: carilah tanah pekuburan di hutan terpencil yang jauh dari pemukiman. Berlatihlah hidup dalam kesendirian. Atau temukan puncak gunung yang menyeramkan. Hiduplah sendiri, OK? Anda bakal menjumpai banyak keasyikan di sepanjang malam J. Dengan begitu anda akan mengetahui sendiri. — Walau saya pun pernah pula mengira bahwa pengasingan fisik tidak begitu perlu. Itulah pikiran saya, tetapi saat saya berada di sana dan melakukannya, saya merenungkan ajaran Sang Buddha. Yang Terberkahi menganjurkan muridnya-muridnya untuk berlatih di tempat terpencil yang jauh dari masyarakat. Pada mulanya ini akan membangun dasar untuk pengasingan internal pikiran yang kemudian mendukung pengasingan yang tak-tergoyahkan dari kekotoran bathin.

       Sebagai contoh, katakanlah anda adalah seorang umat awam dengan sebuah rumah beserta keluarga. Pengasingan apa yang bisa anda peroleh? Tiap kembali ke rumah, seketika anda melangkah masuk di depan pintu anda tertubruk dengan kerumitan dan kekacauan. Tidak ada pengasingan diri. — Maka menyelinaplah, pergi retret di lingkungan terpencil dengan suasana yang benar-benar berbeda. Adalah penting untuk memahami perlunya isolasi diri atau menyendiri pada tahap awal dari praktik. Anda lalu mencari guru meditasi untuk pengarahan. Dia akan mengarahkan, menasehati dan menunjukkan di mana pemahaman anda yang salah – karena justru disinilah persisnya tempat dimana anda menyangka bahwa anda benar. – Begitu disana anda salah, anda [malah] yakin anda benar (!). Tatakala guru ini menjelaskan, anda baru tahu apa yang salah, dan tepat dimana sang guru menunjuk bahwa anda salah adalah: persisnya tempat dimana anda mengira bahwa anda benar.

        Dari apa yang sudah saya dengar, terdapat beberapa Bhikkhu cendekiawan yang menyelidiki dan meriset sejalan kaitannya dengan naskah-naskah suci. Memang tidak alasan mengapa kita tidak ber-eksperimen. Ketika saatnya untuk membuka buku-buku dan studi, kita mempelajarinya dengan cara itu. Tetapi ketika waktunya untuk mengangkat senjata dan mengadakan pertempuran, kita musti bertarung dalam cara yang barangkali tidak cocok dengan teori.Kalau seorang prajurit memasuki medan perang dan bertarung cuma menuruti apa yang dibacanya, dia takkan bisa menandingi lawannya.Ketika seorang prajurit sungguh-sungguh dalam pertarungan nyata, dia harus berperang dalam gaya yang melampaui teori.Inilah caranya. Kata-kata Sang Buddha dalam naskah-naskah suci hanyalah pemandu dan contoh-contoh untuk diikuti, dan [sekedar] membacanya saja kadang-kadang bisa membawa ke keliruan.

      Jalan para guru hutan (the Forest Masters) adalah jalan pelepasan. Yang ada pada jalan ini hanyalah penyerahan. Kita mencerabut pandangan-pandangan yang sebenarnya cuma tumbuh dari sifat merasa-diri-ini-penting. Kita mencerabut rasa-diri yang sangat mendasar, yang paling esensial. Saya jamin, latihan ini akan menguji anda hingga ke-tulang-sumsum,namun tak peduli betapa sulitnya, jangan meninggalkan guru hutan dan ajarannya. Tanpa panduan yang benar, pikiran dan samadhi sangat berkemungkinan untuk sesat. Hal-hal yang kelihatannya mustahil, mulai terjadi. Saya selalu menghadapi fenomena semacam itu dengan hati-hati. — Sewaktu saya seorang Bhikkhu muda, waktu itu baru saja mulai berlatih pada tahun-tahun pertama, saya belum dapat mempercayai pikiran saya. Namun demikian, sesudah saya memperoleh pengalaman yang cukup berarti dan bisa sepenuhnya mempercayai mekanisme-kerja pikiran, tiada lagi yang bisa menjadi masalah. Kendatipun terjadi fenomena yang ganjil, saya hanya meniggalkannya begitu saja. Bila kita telah memahami cara kerja hal-hal ini, mereka akan berakhir dengan sendirinya. Semuanya ini merupakan bahan bakar bagi kebijaksanaan. Dengan berjalannya waktu kita akan merasa sepenuhnya santai.

       Dalam meditasi, hal-hal yang biasanya tidak salah dapat menjadi salah. Sebagai contoh, kita duduk bersila dengan bertekad-bulat: “Baik! Tidak akan ada gerakan apapun saat ini.Saya akan memusatkan pikiran. Lihat saja.” Cara seperti ini tidak akan jalan! Setiap kali mencoba seperti itu meditasi saya tidak berkembang. Tetapi kita sering gemar gairah-kepahlawanan J. — Menurut pengamatan saya, meditasi itu akan berkembang dengan lajunya sendiri. Dulu, sering sore-sore saya duduk bermeditasi, dengan pikiran: “ Baiklah! Malam ini saya tidak akan bergerak dari titik ini sampai jam satu dini hari.” Bahkan sebenarnya dengan pikiran ini saja saya telah membuat beberapa karma buruk, karena belum lama setelah itu seluruh badan saya diserang rasa sakit, membanjiri saya hingga rasanya mau mati. Bagaimanapun, meditasi yang berjalan dengan baik adalah saat kita tidak menentukan batasan lamanya kita duduk.Saya tidak menetapkan sasaran di jam 07:00, 08:00, 09:00, atau apapun; tetapi sekedar duduklah, lanjutkan dengan mantap,biarkanlah berlalu dengan tenang-seimbang. Jangan memburu meditasi, jangan menafsir-nafsirkan apa yang sedang terjadi.Jangan mendesak bathin anda dengan tuntutan yang tidak realistik agar ia memasuki keadaan samadhi — atau apapun, yang akan membuat anda malah gelisah dan tidak karuan dibanding biasanya. — Sekedar biarkanlah bathin dan pikiran ini untuk rileks, nyaman, dan santai...

       Biarkan nafas mengalir dengan mudah pada irama yang benar, tak terlalu pendek atau terlalu panjang.Jangan membuatnya tidak seperti biasanya. Biarkan tubuh ini rileks,nyaman dan santai. Terus lakukan saja. Pikiran anda akan bertanya:“Berapa lama kita akan bermeditasi malam ini? Kapan berhentinya?” ini ocehan yang tiada henti-hentinya, jadi anda harus menyerukan teguran, “Hey dengar Bung, tinggalkan saja saya sendiri.” Penanya yang sibuk ini perlu rutin diredakan,karena ia tak lain sekedar kekotoran bathin yang datang buat mengganggu anda. Jangan beri perhatian apapun juga. Anda harus tega dengannya. — “Apakah saya berhenti agak dini atau sampai larut malam, itu bukan urusanmu! Jika saya ingin duduk sepanjang malam, ini tidak ada hubungannya dengan siapapun. Jadi ngapain kamu nongol-nongol, unjuk hidung dalam meditasi saya?” Anda musti singkirkan, potong si ceriwis
itu. Berikutnya anda boleh melanjutkan meditasi selama anda suka, sesuai dengan apa yang dirasa baik.

       Saat anda membiarkan pikiran santai dan ringan, ia menjadi damai. Dengan pengalaman ini, anda akan mengenali dan baru tahu betapa kuatnya keterikatan. Ketika anda bisa terus duduk dan terus, untuk waktu yang lama, melewati tengah malam dengan nyaman dan rileks, anda akan tahu bahwa anda memasuki meditasi. Anda akan mengerti bagaimana kemelekatan dan keterikatan sungguh begitu mengotori pikiran.

       Ketika orang-orang duduk untuk meditasi, mereka menyalakan dupa didepan mereka dan berjanji, “Saya tidak akan berdiri sebelum sebatang dupa ini terbakar habis.” Kemudian mereka duduk… Rasanya sudah satu jam, mereka membuka mata
dan menyadari bahwa hanya lima menit berlalu. Mereka terpaku pada dupa ini, kecewa pada panjang dupa yang masih ada. Mereka menutup mata lagi dan melanjutkan. Segera membuka mata lagi buat memeriksa batang dupa. Orang itu tidak memperoleh apa-apa dalam meditasinya. Jangan melakukan seperti itu, hanya duduk dan membayangkan dupanya,“ Saya tak yakin apakah dupanya telah habis terbakar,” meditasinya tidak berkembang. Jangan mementingkan hal semacam itu. Pikiran ini tidak membutuhkan sesuatu yang spesial.

       Apabila kita sudah memutuskan untuk mengembangkan pikiran dalam meditasi, jangan ijinkan si kotoran tanha mengetahui rahasia aturan-main dan sasaran anda. — “ Ehh, bagaimana anda akan bermeditasi, Yang Mulia?”, ia mencari tahu. “ Berapa lama anda akan melakukannya?” Tanha terus mengganggu dengan pertanyaannya hingga kita menyetujuinya. Begitu kita mengumumkan untuk duduk hingga tengah malam, ia serta merta mengusik kita. Belum satu jam berlalu kita sudah merasa lelah dan tidak sabar sehingga tidak dapat meneruskan meditasi. Kemudian gangguan yang lebih banyakpun menyerang saat kita menyalahkan diri sendiri,” Dasar payah! Hayo, apa duduk bisa membunuhmu?! Kamu bilang mau membuat pikiran ini tak tergoyahkan dalam samadhi, tetapi ternyata tak bisa diandalkan dan berantakan. Kamu membuat janji tapi tidak menepatinya.” Pemikiran-pemikiran merendahkan diri sendiri dan kesal menyerang kita, dan kita lalu tenggelam dalam rasa benci-diri.

       Tidak ada orang lain yang bisa disalahkan atau dijadikan sasaran kemarahan, dan itu membuat semuanya bertambah susah. Sekali kita berjanji kita mesti menepatinya. Kita akan memenuhinya atau mati di jalan. Kalau kita berjanji untuk duduk dalam waktu tertentu, kita harus memenuhinya dan tidak berhenti. — Sementara itu, bagaimanapun juga, sekedar praktik dan berkembanglah secara berangsur.

       Tidak perlu membuat ikrar yang dramatis. Berusahalah mengalir terus dan keberlanjutan dalam melatih pikiran. Terkadang, meditasi akan tenteram-damai, dan segala rasa-pedih dan ketidaknyamanan dalam tubuh ini akan lenyap. Sakit pada pergelangan kaki dan lutut akan berakhir dengan sendirinya.

      Saat kita mencoba sendiri menumbuhkan meditasi, jika bayangan aneh, penampakan-penampakan atau pencerapan indera mulai muncul, hal pertama yang dilakukan adalah memeriksa keadaan pikiran kita. Jangan lupakan prinsip dasar ini.
Pikiran harus relatif tenang terhadap bayangan-bayangan yang muncul ini. Jangan rindu menanti kemunculannya, ataupun terikat untuk menolak kemunculannya. Selidiki jika mereka muncul, tetapi jangan terkecoh olehnya. Ingat saja bahwa mereka bukanlah kita. Mereka tidaklah kekal, tidak dapat memuaskan dan tanpa diri seperti halnya segala yang ada. Walau misal mereka nyata, jangan memikirkan dan memberikan perhatian kepadanya. Jika mereka dengan bersikeras menolak untuk pergi, pusatkan kembali kesadaran anda pada nafas anda dengan sepenuh tenaga.Ambillah sekurangnya tiga tarikan nafas yang panjang, nafas yang panjang dan hembuskan perlahan setiap kalinya. Kiat ini akan manjur. Selalu pusatkan kembali perhatian.

       Jangan pernah mendambakan fenomena semacam itu. Mereka tidak lebih dari apa sebenarnya mereka, dan apa sebenarnya mereka adalah potensial untuk mengecoh. Apakah kita menyukai dan jatuh cinta dengannya, atau pikiran jadi dirasuki ketakutan. Mereka tidak dapat diandalkan: kemungkinan mereka tidak-tulen, atau bisa juga seperti tulen. Jika anda mengalaminya, jangan meng-interpretasi-kan artinya atau memberikan suatu makna padanya. Ingatlah bahwa mereka bukan milik kita, jadi jangan mengejar penampakan atau sensasi-sensasi itu. Sebaliknya, segera kembali dan check keadaan pikiran saat ini. Inilah prinsip dasarnya. Jika kita mengabaikan prinsip dasar ini dan tenggelam mempercayai apa yang kita lihat, kita akan lupa-diri dan mulai bingung atau bahkan jadi gila. Kita bisa kehilangan pijakan hingga tak dapat lagi berhubungan dengan orang lain seperti normal-nya. Tempatkan keyakinan ke-dalam hati anda sendiri. Apapun yang terjadi, terus saja amati bathin dan pikiran ini. Pengalaman meditasi yang aneh dapat bermanfaat bagi seseorang yang mempunyai wisdom,tetapi bisa berbahaya bagi yang tanpa kebijaksanaan. Apapun yang ada dalam pikiran, jangan menjadi senang atau was-was.Jika pengalaman-pengalaman terjadi, terjadilah…

      Satu cara lain untuk mengembangkan latihan Dhamma adalah dengan kontemplasi dan memeriksa segala apa yang kita lihat, lakukan dan mengalaminya. JANGAN pernah meninggalkan meditasi.Ada beberapa orang yang ketika telah selesai melakukan meditasi duduk atau jalan, mereka pikir itu saatnya untuk berhenti dan istirahat. Mereka berhenti sepenuhnya.Jangan berlatih seperti itu. Apapun yang anda lihat, selidiki apa ia sebenarnya. Renungkan tentang orang-orang yang baik di dunia ini. Renungi juga yang buruk. LIHAT-lah dengan tajam pada yang kaya dan berkuasa; yang lemah dan yang miskin. Saat anda melihat anak kecil, orang tua, seorang lakilaki atau perempuan — selidikilah makna usia. Segala sesuatu merupakan bahan bakar untuk penyelidikan. Inilah cara anda melatih-dan-mengembangkan (cultivate) pikiran.

      Kontemplasi yang menuntun ke dalam Dhamma adalah kontemplasi akan kondisi, berlangsungnya sebab akibat, dalam semua manifetasinya yang beragam: besar dan kecil, hitam dan putih, baik dan buruk. Singkatnya, segala sesuatu. — Saat anda berpikir, kenalilah ia sebagai sebuah pemikiran, renungi bahwa ia ya cuma sekedar itu, tidak lebih. — Semua hal tersebut berakhir di dalam kuburan ketak permanenan, tiada yang dapat memuaskan, dan tanpa diri. Jadi janganlah kecanduan untuk melekat padanya. Ini merupakan tanah pekuburan bagi segala fenomena. Kubur, bakarlah mereka guna memperoleh pengalaman akan Kebenaran.

       Mempunyai pandangan-terang dalam ketidakkekalan berarti tidak membiarkan diri kita memderita. Ini merupakan penyelidikan dengan kebijaksanaan. Contohnya, saat memperoleh sesuatu yang kita anggap baik atau menyenangkan, kita merasa bahagia.Coba lihatlah baik-baik kebahagiaan dan kesenangan ini dengan dekat dan terus-menerus.Setelah beberapa waktu lamanya kita akan mulai ‘kenyang’, lalu bosan dengannya. Kita ingin menyingkirkan atau ingin menjualnya.Apabila tak seorangpun yang mau membeli, kitapun siap untuk membuangnya. Mengapa? Ada apa di balik hal tersebut? Segala sesuatu tidak-kekal, tidak-tetap dan berubah, inilah sebabnya. Jika kita tidak dapat menjual atau membuangnya, kita mulai menderita. Seluruh persoalan adalah seperti itu, dan begitu suatu peristiwa bisa dipahami sepenuhnya — tidak peduli berapapun banyaknya keadaan semacam ini timbul — semuanya dipahami dengan sama. Ya sekedar demikianlah hakekat ber-ada-nya segala sesuatu. Seperti pernyataan,” Jika anda sudah melihat satu, anda melihat semuanya.”

       Terkadang kita melihat sesuatu yang tak kita sukai. Waktu itu kita mendengar suara yang mengganggu dan tidak menyenangkan kita menjadi jengkel. Periksa dan ingatlah itu. Karena suatu saat di masa akan datang kita mungkin akan menyukai suara itu. Kita dapat saja benar-benar menikmati hal yang sama yang justru dulu pernah kita benci. Itu mungkin! Kemudian akan hadir pada kita kejernihan dan pandangan-terang,“ Aha! Segala hal adalah tidak kekal, tidak dapat benar-benar memuaskan, dan tanpa diri.” Cemplungkan mereka ke kuburan misal karakteristik yang universal: anicca, dukkha, anatta.Maka kemelekatan pada benda-benda kesukaan yang kita peroleh, miliki dan yang ada, bakal reda. Kita sampai pada pemahaman, menyaksikan bahwa segala sesuatu itu hakikatnya sama.Sehingga segala yang kita alami akan membangkitkan insight dalam Dhamma.

       Semua yang sudah saya katakan sejauh ini sekedar untuk anda dengar dan untuk anda pikirkan. Ini cuma omongan, hanya itu.Saat orang datang pada saya, saya berbicara. Topik macam ini bukanlah sesuatu yang mengharuskan kita untuk duduk berbincang berjam-jam. Just do it. Masuk ke dalamnya dan lakukan saja.Ini seperti saat kita mengajak seorang teman ke suatu tempat.Kita mengundangnya. Kita mendapat jawaban. Kita lalu pergi tanpa banyak ribut. Kita mengatakan secukupnya kemudian meninggalkannya begitu saja. Saya dapat memberitahukan anda satu atau dua hal mengenai meditasi, karena saya pernah melakukan pekerjaan itu. Tetapi anda tahu, mungkin saja saya salah. Tugas anda adalah menyelidiki dan menemukan untuk diri anda sendiri apakah yang saya katakan benar.

Sabbe satta bhavantu sukhitatta.













Tidak ada komentar: