Kamis, 07 Juni 2012

Hidup Tidak Pernah Pasti Seratus Persen



Orang sering bertanya kepada saya, “Bagaimana Anda bisa bilang All Is Well(segalanya baik) kalau saya sakit? Bagaimana Anda bisa bilang All Is Well kalau saya tidak punya uang? Bagaimana Anda bisa bilang All Is Well kalau pacar saya meninggalkan saya?”

Segalanya baik karena hidup tidak pernah pasti 100%. Jika hidup Anda selalu dapat 95% atau100%, Anda selalu bahagia, maka Anda tidak pernah belajar apa pun. Kalau Anda mendapatkan30% atau 40%, Anda akan menjadi begitu depresi, begitu murung.

Karena segala sesuatu bisa saja salah dari waktu ke waktu, maka nilai 30% adalah bagus. Jadi, apapun yang terjadi, All Is Well. Sebab ketika Anda gagal saat itulah Anda bertumbuh.

Suatu saat ketika kita sakit, kita berpikir itu tidak baik. Tapi saya katakan sakit adalah hal yang baik. Ketika Anda sakit, Anda bisa istirahat. Jika Anda sakit, Anda membuka kesempatan kepada siapa pun untuk berbuat karma baik mengobati Anda. Jadi, bagi Anda para suami, jika sakit silahkan ambil cuti dan katakan pada istri Anda, “Ini saatnya kesempatan buat kamu untuk membuat karma baik”

Jadi jika Anda sakit, segalanya baik, sebab Anda membuat orang lain berkesempatan membuat karma baik. Dan ketika Anda sakit, teman-teman Anda akan menjenguk Anda. Bukankah baik sekali jika teman-teman Anda menjenguk Anda?

Bahkan ketika Anda menjadi tua, tak ada yang salah dengan menjadi tua. Menjadi tua adalah sesuatu yang luar biasa!

Beberapa waktu lalu Ajahn Brahm baru saja merayakan ulang tahun ke-60. Kebanyakan orang pada usia 60 tahun akan mulai berpikir untuk pensiun. Maka Ajahn Brahm pun bertanya kepada para muridnya, “Bolehkah saya pensiun?” Muridnya menjawab, “Tidak… Tidak…” Karena bagi seorang bhikkhu, makin tua justru dianggap makin suci.

Jadi saya baru memulai ‘karir’ saya. Pada umur 70 tahun, saya akan bekerja 2 kali lipat lebih keras. Dan pada umur 80 tahun, saya akan bekerja 3 kali lipat lebih keras.

Tapi saya menikmati usia saya. Saya selalu berpikir saya tidak semuda dulu, tapi tidak setua apa yang akan saya alami. Jadi lebih baik saya menikmatinya hari ini.

Jadi, dengan cara seperti itu Anda tidak perlu cemas terhadap apapun. Apapun yang akan terjadi dengan hidup kita, All Is Well. Walaupun banyak kesedihan dan kesulitan dalam hidup kita, itulah tantangannya. Di situlah kita bisa bertumbuh.

Dikutip Dari Ceramah Ajahn Brahm Tour d'Indonesia 2012
Berbagai Sumber
www.Buddhistzone.com

Tidak ada komentar: