Jumat, 20 Juli 2012

LUKISAN



Dahulu ada seorang pelukis sangat terkenal yang dikagumi oleh semua orang, karena merasa telah mendapatkan pengakuan sedemikian tinggi, maka dia ingin melakukan yang lebih baik lagi, dia bermaksud untuk melukis sebuah lukisan Sang Buddha yang terhormat. Akan tetapi disebabkan Sang Buddha tidak pernah meninggalkan gambaran yang nyata di dunia ini, maka dia harus menghabiskan banyak waktu untuk mencari seorang model yang sesuai, pada akhirnya dia menemukan seorang pemuda dengan rupa halus dan terlihat sangat agung, pelukis ini merasa kalau pemuda ini dapat mewakili gambaran orang suci yang hendak ditampilkannya.

Maka dia memberi imbalan besar kepada pemuda ini untuk menjadi modelnya, ketika lukisan ini dapat diselesaikan dan ditampilkan kepada orang ramai, memang sangat mengejutkan kalangan seni dan semua orang memberikan pujian, nama baik sang pelukis pun menggemparkan untuk beberapa waktu. Setelah selang waktu tertentu, pelukis kembali berpikir: jika ingin membuat lukisan Sang Buddha terasa semakin indah dan sempurna, cara terbaik adalah membandingkan yang terindah dengan yang terjelek, Sang Buddha adalah makhluk teragung dan setan adalah makhluk terjelek, kalau begitu bukankah perlu melukis sebuah lukisan setan yang paling jelek?

Dia mulai mencari seseorang dengan rupa sangat buruk demi melukiskan sebuah gambaran jahat yang paling bengis di dunia ini dan dapat membuat semua orang takut melihatnya, akhirnya dia menemukan seorang terpidana mati di dalam penjara. Ketika pelukis akan menyelesaikan lukisannya, terpidana mati ini tidak dapat menahan diri lagi untuk menangis dan berkata: “Beberapa tahun lalu, saya juga pernah menjadi modelmu, kala itu anda melukis lukisan Sang Buddha, beberapa tahun kemudian anda melukis setan, ternyata anda juga memilih saya.”

Pelukis ini tertegun mendengarnya dan berkata: “Bagaimana bisa terjadi? Dulu rupamu membuat orang sangat suka cita melihatnya, kenapa bisa terperosok dalam kondisi seperti sekarang ini?” Terpidana mati menjawab: “Ketika habis melukis dulu, anda memberikan banyak uang kepadaku, saya lalu hidup berfoya-foya dengan uang itu, bahkan sampai terjangkit kebiasaan buruk, seperti memakai narkoba dan berjudi, setelah uangnya habis, saya merampok dan membunuh orang, karena berbagai dosa itu makanya saya terperosok dalam kondisi seperti hari ini.” Setelah mendengarnya, dalam hati pelukis penuh dengan penyesalan, juga sangat menyayangkan nasib pemuda ini.
Dari kisah ini, kita bisa tahu kalau wujud luar terlahir dari kondisi batin. Dulu batin pemuda ini sangat bersih, tiada pamrih dan tiada nafsu keinginan, bebas dari kesesatan, makanya bisa menjadi model untuk membuat lukisan Sang Buddha; namun sesudah memiliki banyak uang, dirinya menjadi tersesat, begitu terjerumus ke dalam jebakan dan tidak mampu melepaskan diri lagi, berbuat segala macam kejahatan dan berubah menjadi citra setan, betapa menakutkan! Buddha diciptakan oleh batin, setan dan neraka juga diciptakan oleh batin. Sebetulnya sifat hakiki setiap manusia tiada bedanya, seperti disebutkan “sifat manusia pada awalnya adalah bajik”, setiap manusia terlahir dengan membawa hati cinta kasih yang murni, namun kemudian ternoda oleh nafsu keinginan sesudah lahir, berubah menjadi manusia yang suka memperebutkan kekuasaan dan kekayaan, saling berhitungan dalam setiap hal, atau oleh karena kebodohan sesaat, lalu melangkah di jalan yang salah dan akhirnya tidak bisa kembali lagi ke jalan yang benar.

美醜在於心

以前有一位很有名的大畫家,備受大家的讚歎,他覺得受到如此的肯定,自己要更上層樓,就想創作一幅尊貴的佛陀畫像。但佛陀沒留下真實形象,因此他花很多年的時間,慎重尋找一位模特兒,最後才找到一位長得輪廓分明,看來非常莊嚴的年輕人,畫家覺得這就是他想表達的聖人形象。
於是他重金聘請這位年輕人當模特兒,當這幅畫完成、展出時,的確很震撼藝術界,大家都很讚歎,畫家的名氣更是轟動一時。過一段時間後,畫家又想:如何讓佛像顯得更完美,最好的方法就是至美與最醜的並列比較;佛是最莊嚴的,而惡魔最醜陋,那麼是不是也該畫一幅最醜陋的惡魔像?
所以,他開始尋找一位長得很醜惡的人,要畫人間最兇惡、讓人看了心會驚怕的邪惡形象,最後他在監獄中找到一名死刑犯。當畫家快要畫完的時候,這名死刑犯忍不住哭了出來,說:「幾年前,我也當你的模特兒,那時你畫的是佛像;幾年後你畫惡魔,竟然也選中我。」
這位畫家聽了,整個人愣住了,他說:「怎麼會這樣啊?你以前讓人看起來很歡喜,為什麼會落得今天如此的地步?」死刑犯就告訴 他:「那時你畫完之後給我很多錢,我就去吃喝玩樂,甚至耽染了不好的習慣—吸毒、賭博,錢花完了就搶劫、殺人,做了種種罪業,才落得今天的下場。」這位畫 家聽了,心裡感慨萬千,也為這位年輕人深感惋惜。
從這個故事中,我們可以知道相由心生。當時這位年輕人的心很清淨,無私無欲,沒有迷失,所以能成為畫佛相的模特兒;後來因為 有了錢而迷失,一踏入陷阱後,再也不能自拔,所以做盡壞事,變成了惡魔的形象,多可怕啊!佛由心造,惡魔地獄也是由心造成的。 其實每個人本性都沒有差別,所謂「人之初,性本善」,人一生下來本就具有純真的愛心。只是被後天的欲念所污染了,變成爭權奪利、事事計較,或因一時糊塗, 而一步踏錯就步步皆錯。
Sumber : Tzuchi Indonesia

Tidak ada komentar: