Minggu, 15 Juli 2012

Your Religion Is Not Important



Berikut ini adalah dialog singkat antara Brasil theologist Leonardo Boff dan Dalai Lama.
Leonardo merupakan salah satu renovator dari Teologi Kebebasan.

Dalam sebuah diskusi meja bundar tentang agama dan kebebasan yang Dalai Lama dan saya sendiri ikut berpartisipasi pada waktu istirahat.

Aku dengan jahat, dan juga tertarik, bertanya kepadanya:
"Your Holiness, agama apa yang terbaik?"

Saya pikir dia akan mengatakan:
"The Buddhisme Tibet" atau
"Agama-agama oriental, jauh lebih tua dari Kristen"

Dalai Lama berhenti, tersenyum dan menatap mata saya ....yang mengejutkan saya karena dia tahu kebencian itu terkandung dalam pertanyaan saya.

Dia menjawab:
"Agama terbaik adalah salah satu yang membuat Anda dekat dengan Tuhan.
Ini adalah salah satu yang membuat Anda menjadi orang yang lebih baik. "

Untuk keluar dari rasa malu saya dengan jawaban yang bijaksana, aku bertanya:
"Apa yang membuat saya menjadi lebih baik?"

Dia menjawab:
"Apa pun yang membuat Anda
lebih Welas asih,
lebih Bijaksana,
lebih Objektif,
lebih penuh kasih,
lebih Kemanusiaan,
lebih Bertanggung jawab,
lebih Etis. "

"Agama yang akan melakukannya untuk Anda adalah agama terbaik"

Aku terdiam sejenak, mengagumi dan bahkan hari ini
memikirkan jawabannya bijaksana dan tak terbantahkan:
"Saya tidak tertarik, tentang agama anda
atau Anda beriman atau tidak.

"Yang benar-benar penting bagi saya adalah perilaku Anda di
depan teman-teman Anda, keluarga, pekerjaan, masyarakat,
dan di depan dunia.

"Ingat, alam semesta adalah gema tindakan kita dan pikiran kita.

"Hukum aksi dan reaksi tidak eksklusif untuk fisika.
Hal ini juga berhubungan dengan manusia.
Jika aku bertindak dengan kebaikan, saya akan menerima kebaikan.
Jika aku bertindak dengan kejahatan, saya akan mendapatkan kejahatan.

"Apa yang kakek-nenek kita katakan adalah kebenaran murni.
Anda akan selalu memiliki apa yang Anda inginkan untuk orang lain.
Menjadi bahagia bukan masalah takdir.
Ini adalah masalah pilihan. "

Akhirnya ia berkata:
"Jagalah Pikiran Anda karena mereka akan menjadi Kata-kata.
Jagalah Kata-kata Anda karena mereka akan menjadi Perbuatan.
Jagalah Perbuatan Anda karena mereka akan menjadi Kebiasaan.
Jagalah Kebiasaan Anda karena mereka akan membentuk Karakter Anda.
Jagalah Karakter Anda karena mereka akan membentuk Takdir Anda,
dan Takdir Anda akan menjadi Hidup Anda.
... Dan ...
"Tidak ada agama yang lebih tinggi dari Kebenaran."




sumber: internet

Tidak ada komentar: